6 Alasan Kamu Membutuhkan Website Profesional

Author
Kevin Dwi
pubslished on
December 08, 2020
category
Website

Jika Anda merupakan seorang pemilik bisnis atau baru saja memulai, Anda akan berpikir bahwa tidak ada gunanya memiliki website karena anda dapat melakukan semuanya melalui social media. Atau mungkin Anda berpikir tidak mampu membiayai website profesional sehingga Anda membuat website melalui "freebie" atau "secara gratis" dan melakukannya sendiri.

Mungkin Anda lahir dalam generasi yang tidak tumbuh bersama dengan komputer, karena Anda tidak menggunakan komputer Anda berpikir pelanggan Anda tidak menggunakan komputer juga. Anda berpikir jika anda bukan seorang yang mengetahui banyak tentang teknologi modern untuk apa membuat sebuah website. Tapi, meski Anda sudah memiliki bisnis yang telah lama berdiri dan telah mengandalkan "words of mouth" dan berpikir semua telah berjalan baik, masih  ada beberapa alasan mengapa bisnis anda membutuhkan website yang profesional.

Berikut merupakan 6 Alasan mengapa Anda membutuhkan sebuah website :

1. Bisnis Anda akan mendapatkan kredibilitas.

Akhir-akhir ini semakin banyak orang mencari secara online untuk hal-hal yang mereka inginkan, untuk solusi terhadap masalah mereka, untuk membandingkan harga, atau hanya untuk mendapatkan beberapa informasi tentang toko, restoran atau bisnis sebelum mereka membelinya. Jika Anda tidak memiliki website, calon pelanggan akan mendatangi pesaing Anda, yang memilikinya. Terutama jika Anda adalah bisnis rumahan tanpa alamat.

Memiliki website tidak hanya menyediakan informasi yang mereka cari, tapi juga akan memberikan kredibilitas bisnis Anda. Dalam hal ini merupakan untuk jangka panjang.

Anda mungkin berpikir, saya memiliki situs web "freebie" yang saya bangun sendiri, mengapa saya harus membayar seseorang untuk melakukannya untuk saya? Ada beberapa alasan mengapa saya tidak merekomendasikan "freebie" website D.I.Y. tapi bahkan situs "freebie" lebih baik daripada tidak ada situs web sama sekali. Namun, jika Anda agak mengerti teknologi dan punya waktu untuk membangun situs web Anda sendiri, saya sangat menyarankan Anda untuk setidaknya menggunakan WordPress dengan tema profesional dan Anda membayar untuk web hosting dengan host web terkemuka.

Jika Anda memiliki D.I.Y. situs freebie, tanyakan pada diri Anda, apakah itu memberi Anda citra profesional yang Anda inginkan untuk merek Anda? Tidak ada yang kurang profesional secara online daripada situs web yang bertuliskan "Hei, lihat, saya menggunakan pembuat situs web gratis!" Bisnis Anda akan mendapatkan kredibilitas yang jauh lebih baik dengan memiliki perancang situs web profesional yang membantu Anda merancang dan membangun situs web Anda.

Dengan perencanaan yang matang, yang dirancang secara responsif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda, situs web Anda akan memberikan citra profesional dan memberi pengalaman hebat kepada pelanggan potensial saat mereka berkunjung, baik itu di komputer, tablet, atau ponsel mereka.

2. Menghemat Biaya dalam Jangka Panjang

Sebagai pemilik, terutama yang baru memulai Anda akan berpikir bahwa Anda mungkin tidak mampu membiayai webiste profesional. Tapi anda HARUS. Meskipun biaya untuk mendesain dan mendevelop sebuah website bervariasi tergantungdari kebutuhan anda. Sekalinya sudah berdiri dan berjalan, website profesional akan sangat bernilai sesuai dengan investasinya.

Dibandingkan dengan biaya pemsaran tradisional seperti iklan pada koran, radio, dan lainnya, ketika Anda memperhitungkan potensi pasar yang Anda dapat capai dengan website hal tersebut akan sangat efisien dalam mempromosikan bisnis anda dalam jangka panjang.

Meskipun keahlian Anda hanya sedikit atau hampir tidak ada, dan Anda harus membayar web desainer/developer untuk menjaga dan mengupdate website untuk anda, biayanya akan lebih rendah jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional dan investasi tersebut akan pantas dengan potensi pelanggan yang bisnis anda akan temukan melalui online setiap tahunnya.

Ketika Anda membandingkan biaya pembuatan website profesional dengan website D.I.Y jika Anda tidak bebar-benar ahli maka pembuatan website D.I.Y akan sangat memakan waktu dan usaha yang dapat kamu alokasikan pada hal lain di bisnis Anda. Tidak hanya itu, Jika website tersebut tidak profesional atau tidak dapat di temukan dalam pencarian google Anda akan kehilangan banyak pelanggan dan membebankan anda.

Menghemat biaya merupakan salah satu alasan Anda membutuhkan website profesional, tapi masih banyak alasan lainnya.

3. Pelanggan tetap dapat di informasikan

Simple nya, website merupakan sebuah brosur online atau katalog yang dapat di perbarui setiap saat. Lebih mudah dan cepat untuk memperbarui informasi mengenai produk dan jasa di website Anda, dibandingkan dengan brosur.

Website merupakan cara yang efektif untuk memperkenalkan pelanggan anda terhadap layanan baru, produk baru, memberitakan akan adanya acara dan promosi. Anda juga dapat menambahkan sebuah value dengan menulis sebuah tips, informasi melalui blog yang ada di website. Tidak seperti iklan yang di print (artikel koran dan flyer) yang akan dengan mudah tertinggal informasi, website Anda menyediakan informasi dan berita terbaru saat ini dan jika Anda menemukan sebuah kesalahan setelah mempublish berita tersebut, dapat dengan mudah membetulkannya.

sebuah website juga bisa lebih dari brosur online ataupun katalog, saat ini ada video-video youtube, podcast, webinar, eBook dan media online lainnya untuk memperlihatkan keahlian dan produk kita, menyelenggarakan kursus online, workshop, dan lainnya. Tidak hanya itu, integrasi dengan sosial media juga memudahkan kita untuk membagi informasi dari website ke saluran sosial media lainnya untuk mencapai target market yang lebih besar.

4. Selalu dapat di akses (24 Jam)

Tidak seperti lokasi bisnis Anda yang hanya buka beberapa jam per hari, sebuah website buka 24 jam per hari, 7 hari per minggu, 365 hari per tahun. Anda dapat menyediakan nomor telepon bisnis anda, mendaftar kursus, mengatur janji temu, dan berbelanja langsung melalui website Anda bahkan saat mereka jauh dari toko Anda ataupun setelah tutup.

5. Jangkauan pasar lebih besar

Website dapat diakses kapanpun dan dimanapun di dunia ini selama adanya koneksi internet. Karena semakin banyak orang yang memiliki akses internet, sekarang pada daerah-daerah yang terpencil sekalipun, Anda dapat men target para calon pelanggan yang lebih besar jika Anda memiliki sebuah website.

Sebagai pedagang eceran, website eCommerce merupakan sebuah tempat yang baik untuk menjual produk anda ke pasar yang lebih besar. Bayangkan bagaimana orang-orang yang tidak dapat berkunjung ke toko Anda secara langsung dapat membeli produk Anda. Bahkan bisnis jasa sekalipun menawarkan pelayanan mereka melalui sebuah website. Sekarang dengan teknologi komunikasi yang semakin mudah, kita dapat berbisnis dengan siapapun dan kapanpun.

6. Menarget secara spesifik

Dengan bantuan sosial media seperti facebook, instagram dan google. Anda kini dapat memasarkan website anda secara spesifik kepada pasar tertentu sesuai dengan kriteria yang Anda arahkan melalui Advertisement