Keuntungan E-commerce dibandingkan Ritel Tradisional

Website | 12 Februari 2018

Berikut merupakan alasan mengapa anda harus memulai memasuki penjualan secara online :

1 Mengatasi Keterbatasan Geografis

Jika Anda memiliki toko fisik, Anda dibatasi oleh area geografis yang dapat Anda jadikan layanan. Dengan situs web e-commerce, seluruh dunia adalah target market anda. Selain itu, kemunculan m-commerce, yaitu e-commerce pada perangkat seluler, telah menghilangkan setiap pembatasan geografis yang tersisa.


2 Dapatkan Pelanggan Baru Dengan Visibilitas Search Engine

Ritel fisik didorong oleh branding dan hubungan. Selain kedua hal ini, ritel online juga didorong oleh lalu lintas dari Search Engine. Jarang pelanggan mengklik suatu link dalam hasil search engine dan mendarat di situs web e-commerce yang belum pernah mereka dengar. Sumber traffic tambahan ini bisa menjadi titik kritis bagi beberapa bisnis e-commerce.


3 Biaya yang Lebih Rendah

Salah satu hal yang paling nyata dari e-commerce adalah biaya yang lebih rendah. Sebagian dari biaya yang diturunkan ini dapat diteruskan ke pelanggan dalam bentuk potongan harga. Berikut adalah beberapa cara agar biaya dapat dikurangi dengan e-commerce: Periklanan dan Pemasaran: organic search engine , bayar per klik, dan traffic sosial media yang merupakan sumber iklan yang dapat hemat biaya.Personil: checkout, penagihan, pembayaran, manajemen persediaan, dan proses operasional lainnya menurunkan jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk menjalankan setup e-commerce. Tempat :Pedagang e-commerce tidak memerlukan lokasi fisik yang menonjol.

4 Temukan Produk yang Lebih Cepat

Ini bukan lagi tentang mendorong keranjang belanja ke lorong yang benar atau kepanduan untuk produk yang diinginkan. Di situs web e-commerce, pelanggan dapat mengeklik melalui navigasi intuitif atau search untuk segera mempersempit pencarian produk mereka. Beberapa situs web mengingat preferensi pelanggan dan daftar belanja untuk memfasilitasi pembelian berulang.

5 Hilangkan Waktu dan Biaya Perjalanan

Hal ini tidak biasa bagi pelanggan untuk melakukan perjalanan jarak jauh untuk mencapai toko fisik pilihan mereka. E-commerce memungkinkan mereka mengunjungi toko yang sama secara virtual, hanya dengan beberapa klik mouse.

6 Menyediakan Perbandingan Harga

E-commerce memfasilitasi perbandingan hagar. Ada beberapa layanan online yang memungkinkan pelanggan menjelajahi beberapa pedagang e-commerce dan menemukan harga terbaik.

7 Enable Deals, Bargains, Coupons, dan Group Buying

Discount, penawaran, kupon, dan pembelian grup, belanja online membuatnya jauh lebih mudah. Misalnya, jika seorang pelanggan memiliki kupon diskon untuk kalkun di satu toko fisik dan kertas toilet di tempat lain, dia mungkin merasa tidak layak memanfaatkan dua diskon tersebut. Tapi pelanggan bisa melakukannya secara online dengan beberapa klik mouse.

8 Memberikan Informasi yang melimpah

Ada keterbatasan jumlah informasi yang bisa ditampilkan di toko fisik. Sulit membekali karyawan untuk merespons pelanggan yang membutuhkan informasi seputar lini produk. Situs web e-commerce dapat membuat informasi tambahan mudah tersedia bagi pelanggan. Sebagian besar informasi ini disediakan oleh vendor dan tidak memerlukan biaya apapun untuk diciptakan atau dipelihara.

9 Buat Komunikasi yang Terarah

Dengan menggunakan informasi yang diberikan pelanggan dalam formulir pendaftaran, dan dengan menempatkan cookies di komputer pelanggan, pedagang e-commerce dapat mengakses banyak informasi tentang pelanggannya. Ini, pada gilirannya, dapat digunakan untuk mengkomunikasikan pesan yang relevan. Contoh: Jika Anda mencari produk tertentu di Amazon.com, Anda akan secara otomatis ditunjukkan daftar produk sejenis lainnya. Juga, Amazon.com juga dapat mengirimi Anda email tentang produk terkait.

10 Tetap Buka 24 Jam

Waktu penyimpanan sekarang 24/7/365. Situs web e-commerce bisa berjalan sepanjang waktu. Dari sudut pandang pedagang, ini meningkatkan jumlah pesanan yang mereka terima. Dari sudut pandang pelanggan, toko "selalu terbuka" lebih nyaman.

11 Ciptakan Pasar untuk Produk Niche

Pembeli dan penjual produk niche dapat merasa sulit untuk menemukan satu sama lain di dunia fisik. Pada Online, ini hanya masalah pelanggan yang mencari produk di mesin pencari. Salah satu contohnya bisa jadi pembelian suku cadang usang. Ketika kita kekurangan suku cadang, sekarang kita dapat menemukan bagian tersebut secara online dengan sangat mudah.

Jadi segera mulailah anda melakukan web design dan kembangkan bisnis Anda.

About The Author

Kevin Dwi

Hi I am the Director of PT. Mitra Kreasi Asia, Bachelor of Business Graduate (Entrepreneurship), Founder & Web Developer of Firstpage, and also A Book Enthusiast. You can say hi to me through twitter.