Mencari Peluang dalam Menjalankan Bisnis

Author
Kevin Dwi
pubslished on
December 08, 2020
category
Website

                Peluang tentu harus dicari karena peluang tidak datang dengan sendirinya. Untuk menemukan peluang, kita tidak bisa berpuas diri hanya dengan menjadi berbeda dari orang lain. Kita perlu menjadi anti-mainstream dengan tetap memperhatikan kriteria peluang yang baik. Peluang tersebut harus memiliki nilai tambah untuk pelanggan bisnis kita. Pelanggan kita tentunya adalah mereka yang membutuhkan solusi dari barang atau jasa yang kita tawarkan, maka nilai tambah yang kita miliki dari peluang itu akan menjadikan bisnis kita berbeda dengan bisnis orang lain.

             Selanjutnya, peluang tersebut haruslah dapat menyelesaikan permasalahan dalam perusahaan. Baik dari segi keuangan, pemasaran, operasional maupun sumber daya manusianya. Peluang baru tersebut tentunya tidak hanya memberikan solusi bagi pelanggan, tetapi diharapkan dapat memberikan solusi bagi internal bisnis kita. Kemudian, peluang yang baik adalah peluang yang dapat meningkatkan profit atau market size kita. Hal ini merupakan tolak ukur, apakah peluang itu membuat bisnis kita mengalami peningkatan atau hanya stagnan.

          Terakhir yaitu peluang tersebut memiliki risk & reward yang seimbang, dimana hasil yang didapatkan sebanding dengan resiko yang ditempuh untuk mendapatkan hasil tersebut. Ada berbagai macam sumber peluang dalam bisnis, antara lain :

1. Customer

Setiap usaha pasti punya pelanggan. Galilah apa yang menjadi kebutuhan, kekhawatiran, keinginan bahkan impian pelanggan Anda

2. Customer Community

Langkah berikutnya setelah Anda dekat dengan pelanggan Anda yaitu mendekatkan diri pada komunitas pelanggan tersebut. Komunitas ini bisa mulai dari sesame pengguna produk Anda, temannya atau relasi bisnis dari pelanggan Anda

3. Company and Its Network

Peluang juga dapat Anda cari dari bisnis Anda sendiri seperti partner yang membantu Anda selama ini, seperti supplier, distributor, retailer produk Anda. Semakin banyak Anda mendapat complain dari mereka, semakin besar kemungkinan peluang yang Anda dapatkan.

          Kunci kesuksesan dari mencari peluang ini adalah bagaimana Anda mendeteksi kebutuhan, memilah saran dan kritik, dan menjadikan pengetahuan itu sebagai peluang-peluang baru untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Sumber : Buku Stupid Marketing