Mengapa Anda Membutuhkan Sosial Media untuk Berbisnis?

Author
Kevin Dwi
pubslished on
August 26, 2022
category
Website

                Perkembangan internet membuat penggunaan sosial media semakin meningkat. Dengan sosial media, masyarakat memiliki pengalaman baru dalam berinteraksi di dunia maya. Mereka menggunakan sosial media untuk mengekspresikan diri, menyampaikan opini, berdiskusi mengenai kesamaan hobi dalam sebuah komunitas online, hingga penggunaan sosial media untuk urusan berbisnis oleh para pengusaha. 

                Hootsuite.com menyatakan dari survei 12.000 pengguna Twitter, 54% telah mengambil tindakan setelah melihat sebuah merek yang disebut dalam sebuah tweet. Walau ‘mengambil tindakan’ dalam hal ini tidak berarti membeli, namun berkaitan dengan tujuan yang penting untuk semua bisnis. 23% diantaranya telah mengunjungi situs webnya, 20% yang lain mencari merek itu secara online dan 19% mengatakan mereka mau mempertimbangkan mencoba merek tersebut setelah melihatnya disebutkan dalam sebuah tweet.

                Kemudian lebih dari 80% prospek B2B yang dihasilakan media sosial datang dari LinkedIn. Awalnya LinkedIn dikenal sebagai platform untuk rekrutmen karyawan, namun dengan LinkedIn Sponsored Updates, 77% praktisi pemasaran B2B mengatakan mereka telah mendapat klien baru dari LinkedIn. Selain itu, ada juga Instagram yang berdasarkan hasil ukur Nielsen Brand Effect menunjukkan pengenalan iklan dari postingan berbayar di Instagram 2,9 kali lebih tinggi daripada standar normal Nielsen untuk pemasangan iklan online.

                Data statistik diatas menunjukkan bahwa penggunaan sosial media dinilai sebagai wadah yang cukup efisien untuk memasarkan produk/jasa sebuah bisnis karena target pasar mereka pada umumnya aktif menggunakan sosial media mereka dalam kehidupan sehari-hari sehingga pengenalan produk ataupun promosi yang dikomunikasikan lebih baik kepada masyarakat atau bahkan target pasar Anda. Apalagi saat ini, sudah banyak bidang jasa digital advertising yang dapat mendukung para pengusaha dalam mempromosikan produk mereka seperti menggunakan Google Ads, YouTube Ads, Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.  

               Selain dalam hal digital advertising, sosial media adalah tempat yang baik untuk meningkatkan brand awareness produk Anda. Tentunya, hal mendasar yang perlu Anda siapkan adalah desain dan konten yang akan diiklankan. Jika Anda menggunakan jasa management media sosial untuk bisnis Anda, pastikan mereka mendukungnya dengan konten visual, tone dan copywriting yang menarik dan professional agar tujuan brand awareness tercapai.