Mengapa TikTok bisa menjadi strategi promosi bisnis yang efektif ? 

Author
Kevin Dwi
pubslished on
January 11, 2022
category
Website

Dilihat dari popularitasnya sekarang, siapa sih yang gak kenal TikTok ? TikTok adalah platform social media yang dapat digunakan untuk membuat dan berbagi video pendek. TikTok pertama kali diluncurkan pada September 2016 dari China. Dan sampai saat ini TikTok telah meledak dalam popularitas. TikTok menjadi platform social media yang pertumbuhannya paling cepat. Seperti yang dilansir dari Sensor Tower Desember 2020, pengguna TikTok di seluruh dunia mencapai 2,6 milyar. Angka ini sangat mengesankan mengingat TikTok baru diluncurkan pada 2016. Karena popularitasnya, sekarang juga sudah banyak penawaran jasa dari berbagai lembaga seperti agency Tiktok, untuk layanan TikTok Management. 




Nah, yang akan kita bahas kali ini adalah mengapa kamu harus memulai menggunakan TikTok untuk bisnis kamu. Kita akan membahas mengapa TikTok bisa menjadi salah satu strategi promosi bisnis kamu yang efektif. Dan diakhir kita juga akan memberikan solusi bagi kalian yang masih memiliki hambatan untuk memulai TikTok untuk bisnis kamu. Jadi baca artikel ini sampai akhir, yaaa. 


  • Pertumbuhan Pengguna yang Besar dan Sangat Cepat

Tiktok memiliki pertumbuhan yang besar dan cepat karena dilihat dari waktu peluncurannya yang terbilang baru yaitu di 2016. Dilansir dari backlinko, dari tahun 2017 sampai sekarang, pertumbuhan TikTok mencapai 1,157.76% secara global. Lagi-lagi ini adalah angka yang sangat mengesankan. Hanya sebagai perbandingan, social media lain membutuhkan waktu yang cukup lama, bertahun-tahun, untuk mencapai di posisi yang sama. Saat ini, berdasarkan Monthly Active User (MAU’S), pengguna aktif TikTok sekitar 1 milyar. 

Dari pertumbuhan pengguna TikTok yang sangat pesat ini bisa kamu manfaatkan untuk memasarkan atau mempromosikan bisnis kamu melalui TikTok. 



  • Engagement rate yang lebih tinggi

Tiktok memiliki engagement rate yang tinggi jika dibandingkan dengan social media lainnya. Algoritma tiktok yang sangat bersahabat menjadi alasan mengapa tingkat engagement nya menjadi sangat tinggi dibanding social media lainnya. Ketika kamu membuka TikTok, video muncul secara acak. Kemudian algoritma TikTok akan menyesuaikan aktivitas kamu dari video apa yang kamu sukai hingga apa yang kamu lakukan di video yang kamu tonton. Tidak hanya itu, interaksi sesama pengguna juga menjadi salah satu faktor algoritma tiktok berjalan, jadi sangat memungkinkan jika video yang muncul di timeline kamu, juga muncul di timeline rekan kamu yang sering berinteraksi di tiktok. Begitu juga sebaliknya. Selain itu, dengan hanya menggunakan lagu yang sedang tren di TikTok juga memungkinkan video kamu memiliki engagement yang tinggi. Pengguna TikTok juga diketahui bisa membuka aplikasi rata-rata hingga 8 kali perharinya. 


Ini membuktikan bahwa Tiktok bisa menjangkau lebih banyak audience dengan fitur algoritmanya. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan marketing di TikTok dan meningkatkan brand awareness atau bahkan sales. 


  • Mudah digunakan

TikTok juga memberikan fasilitas fitur dan efek pengeditan video yang menjadikannya salah satu editor yang paling serbaguna dan mudah digunakan, tidak melihat seberapa terbatas pengalaman kamu dalam membuat konten video. 



Tiktok memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi platform yang sangat bermanfaat untuk para pebisnis memasarkan bisnisnya. Mulailah menjelajahi atau memulai TikTok sebagai strategi promosi bisnis kamu. Jika kamu merasa masih bingung ataupun ragu bagaimana cara memulainya, kamu bisa menggunakan jasa-jasa agency TikTok yang menawarkan Jasa content creator TikTok atau TikTok Management