Pentingnya Memiliki Desain Website yang Baik

Author
Kevin Dwi
pubslished on
December 08, 2020
category
Website

          Mungkin Anda pernah berpikir tentang mengapa Anda perlu memiliki website dengan tampilan yang baik dan menarik. Artikel ini akan membahas pentingnya Anda memiliki desain visual dan desain konten yang baik pada website Anda.

1. Menciptakan Kesan Pertama 

Orang-orang dapat menilai tentang apa yang mereka lihat untuk pertama kalinya hanya dalam 1/10 detik atau bahkan 0,05 detik. Mereka akan beropini tentang website Anda dan mudah untuk memutuskan apakah mereka menyukai atau tidak suka dengan website Anda, apakah mereka akan tetap melanjutkan pencarian di website Anda atau meninggalkannya.

2. Keterlibatan Pengunjung pada Website 

Setelah pelanggan potensial menilai website Anda secara visual, Anda paling tidak memiliki 8 detik untuk meyakinkan mereka bahwa website Anda bermanfaat bagi mereka. Apabila dalam waktu sebentar mereka meninggalkan website Anda, hal ini dapat menyebabkan posisi website Anda pada Search Engine Result Page (SERP) atau hasil halaman mesin pencarian menurun.

          Untuk itu, Anda perlu tahu bagaimana membangun website yang baik dan menarik melalui desain visual maupun konten dalam website Anda. Berikut ini adalah kriteria website dengan desain visual dan konten yang baik :

1. Memiliki White Space

White space adalah ruang untuk bernapas bagi mata pengunjung yang melihat halaman website Anda. Jangan berikan kesan penuh dan sesak karena penuhnya konten dalam satu halaman.

2. Kreatif tapi Tidak Mengganggu

Anda boleh saja kreatif dengan memberikan sentuhan desain seperti yang Anda inginkan, namun tetap perhatikan tampilan website Anda, apakah akan mengganggu jika dipandang atau tidak

3. Hirarki Informasi

Berikanlah hirarki informasi pada website Anda. Mulai dari informasi mendasar hingga informasi penting. Hirarki informasi menjadi penting mengingat bagaimana Anda dapat menentukan hal penting apa yang perlu dilihat pertama kali oleh pengunjung website Anda.

4. Teks yang Simple

Hindari menggunakan banyak font pada halaman website Anda. Cukup gunakan maksimal 2 font saja.

5. Pandu Pengunjung dengan Warna

Anda bisa memberi panduan bagi pengunjung website Anda dengan warna. Misalnya saat color palette website Anda adalah kuning dan hitam, pengunjung dapat mudah menemui tombol CTA (Call to Action) apabila Anda mewarnai kotak tersebut dengan warna biru.

6. Desain yang Konsisten

Buatlah desain setiap halaman di website Anda agar konsisten. Konsistensi membuat pengunjung merasa nyaman karena dapat menjelajah situs dengan mudah. Konsistensi dapat diterapkan pada margin, layout, huruf, warna, dan navigasi.

7. Tambahkan USP (Unique Selling Proposition)

USP adalah apa yang anda tawarkan kepada pelanggan Anda. USP harus menarik sehingga dapat digunakan untuk menjual produk atau jasa yang ditawarkan. USP juga merupakan hal yang membedakan produk atau jasa anda dari para pesaing lainnya, hal ini menjadikan Anda spesial dan mudah dikenali saat pengunjung membuka website Anda.

8. Gambar dengan Kualitas yang Baik

Gambar dengan kualitas yang tinggi akan membuat website Anda terlihat lebih memiliki kredibiltas dibandingkan website dengan gambar kualitas rendah.

 

Oleh karena itu, pastikan jasa pembuatan website Anda dapat memberikan desain yang baik secara visual dan konten.