4 Cara Customer Mendorong Pertumbuhan Bisnis Anda

Website | 01 Maret 2018

Dalam buku The Lean StartUp yang di tulis oleh Eric Ries, ada 4 cara customer mendorong pertumbuhan bisnis anda secara berkelanjutan, yaitu :

1. Word of Mouth - Bila orang menyukai produk Anda, mereka akan memberitahu orang lain tentang hal itu. Word of mouth yang baik adalah Holy Grail dari periklanan. Murah, sangat efektif, tapi juga sulit dibangun dengan sengaja.

2. Efek Samping Menggunakan Produk - Banyak produk mengiklankan diri mereka sendiri. iPhones, dompet Coach, dan Gmail adalah contoh bagus. Cukup dengan menggunakan produk, pelanggan mengiklankan produk Anda ke orang-orang di sekitar mereka.

3. Iklan Berbayar - Inilah yang diandalkan sebagian besar bisnis. Selama Anda dapat menahan biaya iklan di bawah pendapatan marjinal dari kampanye, Anda akan baik-baik saja. Bisnis mengalami masalah saat mereka tidak mengendalikan biaya iklan. Untuk membantu Anda melakukan ini, pastikan Anda telah membuat sistem yang dapat melacak keefektifan iklan (Google Analytics, kode kupon, dll.).

4. Penggunaan Ulang - Banyak produk perlu dibeli secara berulang agar bisa terus menggunakannya. Langganan majalah, suplemen, Netflix, dan web hosting adalah semua contohnya. Bila Anda memiliki produk yang memerlukan pembelian berulang kali, Anda hanya perlu mendapatkan sejumlah kecil pelanggan baru untuk terus berkembang.

About The Author

Kevin Dwi

Hi I am the Director of PT. Mitra Kreasi Asia, Bachelor of Business Graduate (Entrepreneurship), Founder & Web Developer of Firstpage, and also A Book Enthusiast. You can say hi to me through twitter.