Insight Details

Cara Efektif Melakukan Riset Kata Kunci Instagram untuk Optimalisasi Konten

Apa Itu Kata Kunci?

Istilah "kata kunci" merujuk kepada kata atau frasa yang digunakan pengguna untuk mengambil informasi dari mesin pencari (search engine). Penggunaan kata kunci berubah seiring waktu atau tidak statis. Ada beberapa kata yang selalu populer. Kata kunci cenderung dikelompokkan ke dalam beberapa tema besar. Pemilihan kata kunci yang tepat, pada beberapa perusahaan atau brand, dibantu oleh digital architect.

Riset kata kunci merupakan proses mencari dan atau menemukan semua kemungkinan kueri (query) penelusuran yang relevan dengan bisnis dan pelanggan. Riset kata kunci (keyword research) dapat dilibatkan sebagai strategi digital marketing suatu perusahaan. Riset kata kunci merupakan bagian dari market research (riset pemasaran) abad ke-21.  

Kata kunci memudahkan pengguna internet untuk menghubungkan kata tertentu dengan topik yang ingin dicari. Kata kunci menjadi salah satu karakteristik terpenting bagi kerangka kerja konseptual dan fungsional CRM. Selain itu, kata kunci memudahkan perusahaan dalam mendapatkan lebih banyak tampilan halaman, klik dan tayangan, prospek yang memenuhi syarat, serta menjual produk dan layanan.

Berbagai Jenis Kata Kunci

Berdasarkan jumlah katanya, kata kunci terbagi menjadi dua macam yaitu ekor panjang (long-tail keyword) dan ekor pendek (short-tail keyword). 

Long-tail keyword merupakan tipe kata kunci dengan jumlah kata lebih dari tiga. Nilai tambah dari long-tail keyword adalah kata kuncinya lebih spesifik atau rinci bagi kontennya. Penulis digital yang baru memulai perlu berhati-hati dalam menggunakan jenis kata kunci ini. Dibutuhkan keterampilan dalam menyusun padanan kata kunci pada konten yang dibuat agar hasilnya tidak aneh dan tidak dapat ditemukan oleh mesin pencari.

Di sisi lain, short-tail keyword merupakan kata kunci yang mengandung 1-3 kata. Short tail keyword memiliki jumlah persaingan yang sangat banyak dan juga tidak mempunyai peluang yang besar untuk muncul pada halaman pertama hasil pencarian dalam mesin pencari.

Gambaran Seputar Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah istilah yang menunjukkan metode yang digunakan untuk menemukan / mengidentifikasi, menyaring / menyortir, memprioritaskan dan mengevaluasi kata kunci yang relevan. Analisis riset kata kunci sangat penting untuk merencanakan campaign iklan daring (online) dengan sukses.

Semakin dikenal dengan baik oleh suatu brand, maka semakin banyak pengguna yang akan menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari tahu seputar produk dan layanannya. Hal ini karena brand tersebut sudah diposisikan dengan baik di benak pelanggan, pengikut ataupun audiens. 


instagram-riset-kata-kunci

Gambar 1. Ilustrasi konten yang disukai banyak orang di media sosial dengan menggunakan kata kunci keluarga

 

Manfaat dari Riset Kata Kunci

Riset kata kunci memungkinkan kita mengetahui apa yang dicari orang dan bagaimana mereka (para pengguna) mencari informasi di Internet. Hal ini termasuk cara pelanggan mencari produk yang sama. Riset kata kunci juga sangat efektif untuk mencari istilah, frasa, pertanyaan, dan jawaban yang relevan bagi pengguna dan pelanggan. 

Berkat riset kata kunci, perusahaan dapat mengidentifikasi apa yang dibutuhkan atau diinginkan orang (audiens), serta cara mereka mencari informasi. Di ranah digital marketing, riset kata kunci sangat diperlukan untuk menerapkan SEO dan SEM ketika dihadapkan dengan iklan milik kompetitor. Analisis riset kata kunci diperlukan untuk memilih kata kunci mana yang berkontribusi pada peningkatan posisi (ranking).

Hubungan antara Brand Positioning dengan Kata Kunci

Riset kata kunci juga berguna untuk aktivitas dan strategi positioning suatu brand di masa mendatang. Brand positioning bersifat dinamis, mudah berubah. Brand positioning juga harus kredibel dan signifikan bagi target audiens. Setelah ditetapkan, perusahaan perlu terus meninjau dan memperbaikinya, dengan mempertimbangkan perubahan lingkungan. Perubahan ini mencakup aktivitas pesaing dan faktor sosial yang mempengaruhi keputusan konsumen. Sikap konsumen terhadap suatu brand dapat terlihat dari perilaku pencarian mereka.

Positioning brand mengacu pada apa yang diwakili oleh suatu brand bagi pelanggan atau calon pelanggan, dalam hal atribut dan manfaat. Dengan mengetahui kata kunci yang dicari oleh pengguna, brand bisa berusaha untuk mewujudkan strategi pemasaran sesuai preferensi konsumen. 

Kata kunci dan positioning adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus selaras dengan target perusahaan. Perusahaan dapat mengulang-ulang pemakaian kata kunci yang terkait dengan atribut produk atau visi misi perusahaan selama campaign pemasaran berlangsung. Konsumen yang sering terpapar konten promosi tersebut akan cenderung mencari tahu sebagai kata kunci di internet. Dengan cara ini, perusahaan dapat memposisikan diri mereka dengan lebih baik di mesin pencari. Tidak hanya itu, kata kunci yang dipilih bisa diterapkan di media cetak, TV, radio, dan saluran komunikasi lain yang akan digunakan perusahaan.


riset-kata-kunci-digital-architect

Gambar 2. Ilustrasi seseorang memasukan kata kunci di kolom pencarian mesin pencari

 

Penggunaan Alat untuk Riset Kata Kunci

Tools marketing memiliki banyak fungsi, seperti mempelajari sektor tertentu, menemukan kata kunci kompetitor, meningkatkan konten dari suatu situs atau blog, dan menganalisis kata kunci yang dicari pengguna. Tools ini bekerja dengan cara mengekstrak kata kunci yang dipakai untuk memposisikan website.

Tools untuk riset akan menampilkan nilai beserta indikator untuk dijadikan bahan dalam mengoptimalisasi upaya menganalisa suatu kata kunci. Diantaranya ada volume pencarian, volume potensial, tingkat persaingan, dan grafik yang menunjukkan rata-rata kata kunci per musim.

Berdasarkan fungsinya, tools riset bisa mencari dua macam kata kunci yaitu informasional dan transaksional. Kata kunci informasional yaitu kata kunci yang terkait dengan pertanyaan informasi utama yang ditanyakan pengguna saat melakukan pencarian di mesin pencari. Sedangkan kata kunci transaksional yaitu berbagai kata kunci yang dikaitkan dengan maksud komersial. Biasanya diwujudkan dalam representasi grafik atau tabel yang menunjukkan informasi yang terkait dengan volume rata-rata pencarian. Grafik menunjukan formulasi kata kunci yang paling sering, bisa berupa preposisi, pertanyaan, dan tindakan terkait yang paling umum digunakan untuk memperoleh gambaran lengkap tentang topik yang relevan. Hasil disesuaikan dengan tema yang teridentifikasi, serta untuk mengoptimalkan konten pemasaran sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Bagi Anda yang sangat aktif menggunakan Instagram, ada banyak tools riset kata kunci yang bisa Anda gunakan. Hal ini tentunya akan sangat membantu influencer, public figure, content creator, hingga pemilik bisnis. Tools riset kata kunci ada yang sifatnya gratis maupun berbayar, diantaranya Webstagram, Hashtagify, Talkwalker, dan lain-lain.

Hubungan antara Kata Kunci dan Media Sosial (Terutama Instagram)

Media sosial menjadi salah satu digital funnel yang sangat penting bagi perusahaan untuk menyampaikan informasi, serta menjalin hubungan yang baik dengan publik. Berkat adanya media sosial, setiap orang dimudahkan untuk mengakses informasi, peristiwa, kebijakan, program, maupun bentuk konten lainnya. Penggunaan media sosial difokuskan pada transparansi data, guna meningkatkan kesadaran publik terhadap data dan proses. Kini, penggunaan media sosial tidak sebatas untuk menambah relasi, tetapi juga pencarian informasi.

Instagram termasuk satu dari lima media sosial teratas yang banyak digemari oleh pengguna internet di Indonesia. Beberapa konten yang diupload di Instagram dengan performa optimal umumnya memiliki kesamaan. Kesamaan yang dimaksud mencakup kualitas video yang baik, pemakaian audio yang mendukung, copywriting yang meyakinkan dan caption yang disertai 5 hashtag yang berbeda.

Di Instagram terdapat fitur hashtag (tagar) untuk melihat isu yang diperbincangkan para pengikut (followers) atau antar pengguna. Penemuan konten (content discovery) di media sosial satu ini juga sangat bergantung pada fitur hashtag. Instagram tidak memiliki tools khusus untuk riset kata kunci, namun kata dalam hashtag secara otomatis akan menjadi kata kunci. Selain itu, riwayat pencarian hashtag tidak akan terhapus. Melainkan muncul di bilah pencarian (search bar) dalam urutan tertentu. 

digital-funnel-kata-kunci

Gambar 3. Hashtag digunakan oleh orang sebagai komponen penting untuk melihat trend di Instagram

 

Pemilihan kata kunci yang efektif merupakan salah satu faktor keberhasilan terpenting untuk periklanan daring (online). Gunakan kata kunci yang sesuai dengan niche brand atau perusahaan Anda, agar mudah terbaca oleh algoritma Instagram.

Di Instagram, kata kunci bisa disematkan pada beberapa aspek seperti nama pengguna atau toko, deskripsi bio, caption, di dalam format konten yang diunggah, tagar (hashtag), text alt, dan sebagainya. Dengan menyematkan kata kunci, diharapkan usaha online tersebut bisa menjangkau dan menemukan pelanggan dan konsumen yang potensial.

Kata kunci bisa disematkan pada alt text jika deskripsinya relevan dengan gambar yang Anda unggah. Alt text sendiri bertujuan untuk memberikan kejelasan pada gambar. Hindari memasukan kata kunci yang tidak relevan, agar akun Anda tidak dikenakan penalti.