Insight Details

Inilah 5 Cara Meningkatkan Penjualan Online

Pemasaran dan penjualan, adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya harus berjalan secara sinergis demi kelangsungan suatu brand atau usaha. Para pengusaha di era harus berani mengambil tindakan demi mengenalkan dan menjalin komunikasi dengan baik dengan konsumen.

Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan digital marketing untuk mencapai target penjualan yang optimal. Supaya bisnis tetap unggul di tengah persaingan yang ketat, Anda memerlukan pendekatan yang tepat dalam mengelola digital funnel. Ada 5 cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan online bagi bisnis Anda. Simak selengkapnya.


1. Optimalkan
Digital Funnel Anda

Digital funnel merupakan serangkaian tahap perjalanan audiens menjadi pelanggan loyal suatu produk maupun layanan dari bisnis tertentu. Tahapan ini diibaratkan sebagai corong atau funnel di ranah pemasaran digital (digital marketing). Peluang audiens menjadi pelanggan bisa semakin besar apabila setiap digital funnel dikelola dan dioptimalkan dengan baik. Ada berbagai macam urutan digital funnel, dengan istilah yang berbeda pula. 

Salah satunya ialah sales funnel, terdiri dari kesadaran (awareness), ketertarikan (interest), keputusan (decision), aksi (action). Namun berdasarkan posisinya, digital funnel terbagi menjadi 3 yaitu kanal atas (TOFU atau top funnel), kanal tengah (MOFU atau middle funnel), dan kanal bawah (BOFU atau bottom funnel).



digital-funnel-sales (1)
Gambar 1. Salah satu bentuk sales funnel, yang diawali dengan tahap awareness

Upaya untuk meningkatkan awareness bisa Anda lakukan dengan membuat konten yang relevan dan menarik. Fokus dari digital funnel satu ini adalah meningkatkan visibilitas brand di mata audiens. Pada tahap consideration, audiens maupun pelanggan membutuhkan detail terkait produk atau layanan bisnis Anda. Pastikan Anda memperhatikan aspek berikut: ulasan (review) pelanggan yang pernah membeli, tutorial penggunaan ataupun demonstrasi produk dan layanan. 

Pada tahap decision, pastikan proses pembelian produk atau layanan dari bisnis Anda tidak berbelit-belit dan praktis. Pastikan juga pembayaran yang disediakan untuk checkout memiliki beragam metode. Dengan mengoptimalkan setiap digital funnel, Anda dapat meningkatkan peluang terjadinya penjualan online atau disebut juga konversi.


2. Gunakan Strategi Pemasaran Digital yang Tepat

Digital marketing menjadi kunci untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan online. Dengan memanfaatkan berbagai platform digital seperti media sosial, email marketing, SEO, SEM dan sebagainya, Anda bisa menjangkau target audiens dan pasar dengan lebih efektif. 

Strategi yang bisa diterapkan di media sosial salah satunya ialah influencer marketing. Influencer marketing merupakan kegiatan promosi penjualan yang dilakukan oleh figur publik atau tokoh berpengaruh (influencer) untuk mempengaruhi keputusan audiens. Percakapan antara influencer dengan audiens dapat berujung kepada pembelian produk atau jasa. Awalnya audiens, statusnya berubah menjadi pelanggan maupun konsumen.

Di sisi lain, penting untuk memahami di platform mana saja audiens Anda menghabiskan waktu mereka. Diikuti dengan menemukan cara seperti apa yang terbaik untuk berinteraksi dengan mereka. 


3. Manfaatkan Peran Digital Architect

Digital architect merujuk kepada seseorang atau suatu badan usaha, yang perannya merancang dan mengelola strategi digital yang efektif. Digital architect, seperti Firstpage, membantu bisnis ataupun brand Anda untuk mengidentifikasi peluang, menyusun rencana pemasaran yang strategis dan saling terhubung. Digital Architect juga memastikan setiap digital funnel yang Anda miliki dapat bekerja secara optimal, tanpa adanya kebocoran, untuk mendukung tujuan bisnis Anda. 

Dengan memanfaatkan keahlian digital architect, bisnis maupun brand Anda dapat berkembang dengan strategi pemasaran yang tepat sasaran dan terarah. Diharapkan konversi dan penjualan produk Anda dapat meningkat signifikan.



digital architect menyusun strategiGambar 2. Ilustrasi digital architect yang menyusun strategi untuk membantu mengoptimalkan digital funnel


Digital architect juga membantu mengidentifikasi pola perilaku pelanggan agar strategi pemasaran yang dibuat bisa sesuai kebutuhan pasar. Analisa dan perbaikan terhadap bisnis Anda dilakukan secara berkala berdasarkan data (data-driven decision).


4. Tawarkan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Salah satu faktor penting dalam meningkatkan penjualan online adalah mendapatkan pengalaman atau review pelanggan yang positif. Pastikan proses pembelian di website, e-commerce, ataupun marketplace Anda bisa berjalan dengan cepat, aman, dan mudah. Agar website Anda ideal di mata pengunjung, pastikan 5 kriteria ini terpenuhi yaitu mudah dipelajari (learnability), efisien (efficiency), mudah diingat (memorability), low error (tingkat kesalahan rendah), high satisfaction (tingkat kepuasan tinggi).

Aspek lain yang tidak boleh diabaikan adalah customer service (CS) atau layanan pelanggan. Pastikan layanan pelanggan merespon dengan responsif, melalui live chat, email serta media sosial. Pengalaman yang baik datang juga dari keamanan yang didapatkan oleh pelanggan. Pastikan metode pembayaran yang disediakan itu aman, supaya kepuasan pelanggan meningkat.

 

customer service digital marketing
Gambar 3. Customer service yang ramah dan responsif akan meningkatkan pengalaman baik yang dialami pelanggan

 

Pengalaman pelanggan akan berujung kepada rekomendasi. Setelah membeli produk Anda, pelanggan berpotensi juga untuk menjadi agen promosi. Mereka akan merekomendasikan produk atau layanan Anda kepada sanak saudara, keluarga, rekan, atau koleganya masing-masing.


5. Lakukan Analisis dan Penyesuaian Secara Berkala

Manfaatkan tools analitik digital marketing untuk memberikan gambaran terkait perilaku pelanggan Anda. Lengkapi upaya tersebut dengan analisis secara berkala. Semakin efektif strategi pemasaran digital yang bisa Anda rancang dengan terus belajar dari data tersebut.

Lakukan perubahan dan penyesuaian jika diperlukan, demi hasil yang lebih baik. Mengikuti tren memang tidak mudah, namun campaign digital marketing yang tercipta akan lebih efektif. 

Jangan takut untuk melakukan pengetesan, seperti A/B testing, untuk mengetahui pendekatan mana yang paling efektif dalam meningkatkan penjualan online.

Apakah Anda ingin penjualan online meningkat secara signifikan? Hubungi Firstpage sebagai jawaban dari masalah Anda. Sebagai digital architect yang handal, Firstpage siap membantu Anda mencegah kebocoran pada digital funnel bisnis Anda. Konsultasikan kepada tim kami untuk mencapai target penjualan yang Anda harapkan!