Model Pertumbuhan Untuk Bisnis Anda

Website | 26 April 2018

Anda pasti menginginkan bisnis yang Anda sedang jalankan dapat bertumbuh. Dalam buku The Lean StartUp yang di tulis oleh Eric Ries, ada 3 model pertumbuhan untuk bisnis, yaitu : 

1. The Sticky Engine of Growth
Jika Anda berfokus untuk mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang, ini adalah model pertumbuhan yang perlu Anda fokuskan. Mempertahankan kepuasan pelanggan tetap tinggi sangat penting. Anda perlu melakukan semua yang Anda bisa untuk membuat pelanggan Anda kembali setiap bulan. Setelah Anda memiliki tingkat peralihan ( Ketika pelanggan Anda berpindah kepada kompetitor) yang sangat rendah, Anda hanya perlu mendapatkan beberapa pelanggan baru untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis Anda.

Sebelum fokus untuk mencari pelanggan baru, fokuslah pada pelanggan Anda.

2. Viral Engine of Growth
Ini adalah cara bertumbuh melalui words of mouth dan produk Anda akan beriklan sendiri. Entah dengan memberi tahu teman-teman mereka atau hanya menggunakan produk Anda, pelanggan Anda akan melakukan iklan untuk Anda.

Elemen paling penting dari model pertumbuhan ini adalah memastikan setiap pelanggan membawa lebih dari satu teman ke bisnis Anda. Jika 10 pelanggan Anda membawa 11 teman mereka kepada Anda, bisnis Anda akan berkembang pesat. Jika terdapat 11 orang maka akan membawa 11 (atau 12) dari teman-teman mereka. Setiap grup akan lebih besar dari yang terakhir, Anda akan mendapatkan pertumbuhan yang sangat tinggi.

Hati-hati dalam mengandalkan mesin pertumbuhan ini, sangat sulit untuk membangun dengan sengaja. Bagi Anda untuk mengandalkan viral marketing, produk Anda harus benar-benar luar biasa dan sesuai dengan target pasar Anda dengan sempurna. Jika semuanya tidak sempurna, Anda akan menemui jalan buntu dan Anda akan kehabisan pelanggan tanpa pemasaran lainnya.

3. Paid Engine of Growth
Inilah yang diketahui oleh sebagian besar pemilik bisnis dan setiap bentuk iklan termasuk dalam kategori ini. Baik Anda menggunakan iklan secara offline atau online, Anda membeli pelanggan Anda.

Saat beroperasi pada model pertumbuhan ini, setiap pelanggan harus memberi Anda keuntungan. Jika Anda mengeluarkan biaya Rp. 10.000,-  untuk mendapatkan pelanggan, Anda sebaiknya menghasilkan cukup untuk menutupi Rp. 10.000,-  pengeluaran Anda yang lain, dan meninggalkan sedikit sisa keuntungan. Selama Anda menghasilkan laba pada setiap pelanggan, Anda dapat menginvestasikan laba tersebut ke lebih banyak iklan untuk mempercepat pertumbuhan. Pastikan biaya iklan Anda tertutupi.

Dapatkah Anda menggunakan lebih dari satu model pertumbuhan?
Anda bisa dan banyak bisnis melakukannya, terutama perusahaan yang lebih besar. Tetapi sebagai pemilik bisnis kecil, lebih baik fokus pada satu model pertumbuhan dalam satu waktu. Jika Anda mencoba menjadi viral, membuat pelanggan Anda lengket, dan membeli pelanggan, itu akan menjadi sangat sulit untuk mencari tahu apa yang berhasil.

About The Author

Kevin Dwi

Hi I am the Director of PT. Mitra Kreasi Asia, Bachelor of Business Graduate (Entrepreneurship), Founder & Web Developer of Firstpage, and also A Book Enthusiast. You can say hi to me through twitter.